Senin, 25 November 2013

Kuliner Khas Jambi

Makanan Khas Jambi :

1. Tempoyak

Tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk teman nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung (hal ini jarang sekali dilakukan, karena banyak yang tidak tahan dengan keasamandan aroma dari tempoyak itu sendiri).


2. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan yang berbahan dasar ikan gabus ini merupakan makanan bersejarah dan hanya dihidangkan pada momen penting, seperti perkawinan, kenduri, acara adat dan jamuan menyambut tamu istimewa.


3. Sup Tulang
Sup tulang ini, kuahnya bening dan ditaburi daun bawang serta bawang goreng. Daging sapinya empuk dan terasa lezat, sebenarnya mirip sup iga. lama merebus daging kira-kira 4-5 jam.



4. Nasi Gemuk
Sama seperti nasi uduk bahan dasar untuk membuat nasi gemuk adalah beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk serta beberapa rempah-rempah lainnya. Pada dasarnya sama dengan bahan dasar dari nasi uduk hanya saja sedikit perbedan ada pada pelengkapnya saja.



5. Nasi Minyak
Makanan Khas Jambi yang berbahan dasar nasi ini sekilas jika dilihat memiliki kemiripan dengan nasi kuning. Makanan yang satu ini sering disajikan bersama dengan daging. Nasi Minyak Di buat dengan bahan dasar nasi lalu dicampur dengan susu segar dan juga dengan bumbu-bumbu khas yang berasal dari Arab seperti kayu manis dan cengkih. Tentu karena bangsa arab pernah diam dan tinggal cukup lama di daerah Jambi. Minyak yang digunakan dalam Nasi minyak adalah minyak murni dari lemak hewan.Biasanya lemak yang diambil dari hewan seperti sapi kambing ataupun ayam. Pada zaman dahulu makanan ini dperkenalkan oleh bangsa Arab yang datang ke Jambi . Lalu makanan ini terus berkembang dan menjadi makanan khas Jambi.




6. Bolu Kojo

Bolu Kojo merupakan salah satu makanan ringan khas jambi,terbuat dari tepung terigu, telur,santan,dan pandan yangdicampur menjadi adonan setelah itu dipanggang dalam oven hingga menjadi kecoklatan dan matang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar